BUKU PANDUAN KONFIGURASI LINUX DEBIAN (6.0.7) DI VIRTUAL BOX ( 4.1.16 )

BUKU PANDUAN KONFIGURASI LINUX DEBIAN (6.0.7) DI VIRTUAL BOX ( 4.1.16 )







INSTALASI LINUX DEBIAN MENGGUNAKAN VIRTUAL BOX
           Instalasi Linux Debian menggunakan virtual box sama halnya menginstal langsung pada Pc/Laptop,yang menjadi perbedaanya ialah di Virtual box kita menggunakan mesin virtual dan dapat tetap menggunakan system operasi yang kita gunakan tanpa mengubahnya,berikut ialah langkah-langkah instalasi Linux Debian menggunakan virtual box.
1.)    Buka aplikasi virtual box yang sudah ter-instalasi di komputer anda, saya menggunakan virtual box versi 4.1.16 seperti pada gambar di bawah ini.
2.)    Setelah itu Klik kiri menu New akan muncul gambar seperti di bawah ini. Pilih saja Next >




3.)    Isi dengan nama Linux Debian ( Client ) seperti pada gambar di bawah ini setelah itu pilih Next. ( nama dapat anda ganti sesuai keinginaan akan tetapi pada kolom operating system pilih linux karena kita akan menggunakan Linux ).

4.)    Pada Base Memory size biarkan saja alokasinya seperti itu lalu Klik Next > , anda juga dapat menentukan alokasinya sesuai keinginaan anda, hal ini akan mempengaruhi dalam kecepatan kinerja system operasi virtual yang akan kita gunakan nanti.
5.)     Pada gambar di bawah ini pilih Create new hard disk lalu pilih Next >. Jika kita memilih Use Existing hard disk maka kita akan memlih hardisk yang sudah tersedia sebelumnya di my computer,jadi sebaiknya pilih saja create new hard disk untuk membuat hardisk virtual yang baru.

6.)     Pada gambar di bawah ini pilih saja VDI ( Virtualbox Disk Image ) lalu pilih Next > yang dalam arti kita menggunakan system operasi virtual dengan extensi iso.



7.)     Pada gambar di bawah ini pilih saja Dynamically allocated lalu Next > agar sesuai dengan ukuran yang kita pilih sebelumnya. ( Virtual Hard disk biasanya memiliki ukuran 8 GB Perhatikan langkah 5 dan 8 )


8.)     Pada gambar di bawah ini biarkan saja pengaturanya seperti semula lalu pilih Next >.



9.)     Pada gambar di bawah ini pilih Create.

10.)         Pada gambar di bawah ini pilih Create.








11.)         Maka akan muncul virtual mesin yang telah kita setting, setelah itu pilih mesin virtual yang baru kita buat lalu Klik kiri menu Start.

12.)         Pilih Saja Next .



13.)         Pada media source tentukan letak system operasi virtual yang akan kita gunakan setelah itu pilih Next >.


14.)         Pada gambar di bawah pilih Start.

15.)          Akihrnya sudah selesai juga.




Karya : Robert Vando Butarbutar

Populer

Memperbaiki Hp yang selalu memunculkan notifikasi pengisi daya tidak di dukung

Mengatasi Notifikasi icon network yang selalu silang

CARA MENGKONEKSIKAN LAPTOP WIN 7 KE SESAMA OPERATING WINDOWS